About Us

Tahu kamu bahwa axialnews.id dibaca eksil nius, sebuah paltfrom media siber/digital dikelola PT Axial Media Digital. 

Media siber (online) axialnews.id diresmikan pada 9 November 2021. Bertujuan menyajikan beragam informasi sebagai referensi yang mengedukasi seluruh kalangan masyarakat Indonesia, terkhusus generasi milliniel dan Gen Z. 

axial-news terdiri dari dua kata berasal dari bahas Inggris bermakna ‘berita aksial’. 

Dikutip dari berbagai sumber, axial memiliki banyak maksud dan perubahan makna jika disandingkan dengan kata lain. Kata axial banyak ditemukan/digunakan pada istilah kedokteran, fisika, militer (persenjataan), otomotif, astronomi, geometri (matematika) dan banyak lainnya. 

axial atau aksial adalah kata sifat yang menggambarkan sebuah desain yang terstruktur pada sumbu lurus. Kata sifat yang merujuk pada relatif terhadap suatu sumbu, terkait dengan sumbu tersebut atau berbentuk sumbu. Kata aksial sendiri berasal dari bahasa Latin “axis“, dibentuk oleh akhiran “al” yang berarti “relatif terhadap”.

Secara bahasa dapat diartikan sebuah pergerakan sejajar pada sumbu porosnya. Sebuah pergerakan rotasi dari dalam yang berputar pada satu titik atau sumbu secara terus menerus yang menghasilkan energi perubahan. 

Menurut hemat kami, rotasi adalah pergerakan sebuah benda untuk mempertahankan bentuk dan kedudukannya disuatu tempat hampa. 

Selanjutnya mengutip dari bertukarfikiran.id, diketahui terdapat zaman aksial sebuah zaman perdaban religius. Zaman itu merupakan titik penting perkembangan spiritual dan kebahagiaan umat manusia. Zaman Aksial boleh dianggap sebagai salah satu periode perubahan intelektual, psikologis, filosofis, dan agama yang paling berpengaruh dalam sejarah yang tercatat. 

Zaman Aksial merupakan periode transformasi kesadaran, agama, dan kebudayaan yang terjadi di berbagai tempat dalam kurun waktu sekitar tujuh abad. Periode ini bisa disebut sebagai garis pemisah yang fundamental dalam sejarah manusia. Sebelumnya, kesadaran manusia lebih bersifat kesukuan, kolektif, ritual, mistis, dan primitif. 

Dari paparan makna kata axial tersebut, axialnews.id sebagai media siber hadir dengan membawa visi misi:

Visi axialnews.id hadir menyajikan beragam informasi terpercaya yang mengedukasi dan mengispirasi pada upaya kesertaan mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Bersifat independen yang menjunjung tinggi azas keadilan dalam bernegara berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Misi axialnews.id adalah:

  1. Memberikan dukungan pada nilai perubahan yang bertujuan pada kemajuan bangsa, seperti mendorong bagi kemajuan bisnis anak bangsa dan usaha para pelaku UMKM.
  2. Mengimplementasikan berbagai sumber daya dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat untuk Indonesia lebih baik.
  3. Merespon beragam dinamika dan peristiwa secara profesional sekaligus memberi arah pada perubahan trend sosial kemasyarakatan untuk tetap pada nilai luhur bangsa.

axialnews.id terus memberikan beragam informasi sebagai refrensi yang mengedukasi, sebagai karya intelektual jurnalis yang disajikan sesuai kode etik jurnalistik (KEJ) dan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Print Friendly, PDF & Email

Contact Us