Afandin Minta Satukan Persepsi Sukseskan Vaksin Booster & Cegah Omicron

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH memimpin apel kesiapsiagaan percepatan penanganan COVID-19 varian omricon di Kabupaten Langkat , di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (9/2/2022). (Sumber Diskominfo Langkat For axialnews.id)

AXIALNEWS.id [dibaca: eksil nius] — Langkat | Pemerintah Kabupaten Langkat  gelar apel kesiapsiagaan percepatan penanganan COVID-19 varian omricon di Kabupaten Langkat , di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (9/2/2022). 

Apel dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH.

Afandin pada arahannya mengatakan giat kesiapsiagaan Tim Satgas COVID-19 di Langkat, sebagai bentuk komitmen bersama membangun kesatuan pandangan, kesatuan persepsi dan kesatuan tindakan dalam memberhasilkan program pemerintah terkait vaksin dosis ketiga (Booster).

Serta upaya pemutusan mata rantai penyebaran serta antisipasi menghadapi  gelombang  III COVID-19 varian omicron di Indonesia.  

“Kita harus memiliki komitmen bersama, karena agenda nasional tidak akan berhasil tanpa keterpaduan dan penguatan koordinasi serta komunikasi lintas sektor”, ucap Plt Bupati Langkat. 

Berlangsungnya apel kesiapsiagaan percepatan penanganan COVID-19 varian omricon di Kabupaten Langkat , di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (9/2/2022). (Sumber Diskominfo Langkat For axialnews.id)

Tiga Pesan Pencegahan Omicron

Syah Afandin juga menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian pada pencegahan omicron.

Pertama, perlunya kesadaran bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai aparatur sipil negara maupun TNI dan Polri memiliki kewajiban yang sama untuk mensukseskan program-program pemerintah. 

Baca Juga  Langkat Raih Penghargaan Nasional Dari Tiga Menteri

Kedua, merencanakan secara matang penanganan pasien terhadap segala kemungkinan terburuk yang tidak terduga, maupun dalam kondisi normal dengan membuat kontak saran yang jelas, serta menempatkan penanggung jawab pada masing masing tingkatan. 

Ketiga, tetap menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia dengan mengambil tindakan secara persuasif, guna meraih simpati masyarakat dalam memberikan sosialisasi kesadaran akan kepatuhan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19. 

“Mudah-mudahan tugas  mulia ini bagian kewajiban kita sebagai aparatur negara, dapat kita jalankan sebagaimana mestinya, semoga seluruhnya akan bernilai ibadah”, tuturnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH melepas rombongan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah (STAI – JM) Tanjung Pura, di halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (9/2/2022). (Sumber Diskominfo Langkat For axialnews.id)

278 Mahasiswa STAI-JM Melaksanakan KKN

Sebelumnya Syah Afandin melepas rombongan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah (STAI – JM) Tanjung Pura, di halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat.

MahasiswaKKN yang berjumlah 278 mahasiswa itu ditempatkan di tiga Kecamatan, yaitu di Kecamatan Tanjung Pura , Kecamatan Sawit Seberang dan Kecamatan Batang Serangan.

Baca Juga  Tiga Lukisan Karya Raden Saleh di Bandrol Miliaran Rupiah

Afandin mengucapkan terimakasih kepada civitas akademika STAI JM Tanjung Pura yang telah memilih Langkat sebagai lokasi tujuan kegiatan pengabdian masyarakat.

Diberharapkan melalui KKN ini para mahasiswa dapat bersosialisasi dengan baik di tengah-tengah masyarakat, sembari belajar menjadi pemimpin.  Serta dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat, pentingnya pelaksanaan Prokes dalam pemutusan mata rantai virus COVID-19.

Juga pada penerapan prilaku hidup bersih, peduli lingkungan, serta senantiasa menguatkan persaudaraan dalam semangat gotong royong. 

Intinya Afandin meminta para mahasiswa dapat memberikan warna positif kepada generasi muda di lokasi digelarnya KKN. Juga dapat menjalin hubungan secara aktif kepada para tokoh masyarakat dengan tetap menghargai dan menghormati nilai-nilai adat istiadat yang ada.

Selain itu juga mahasiswa harus bisa mendukung program program pemerintahan desa. 

“Harus ada sinergitas antara semua elemen masyarakat disana, sehingga apapun program yang akan dibuat bisa tercapai,” pungkas adik mantan Gubernur Sumatera Syamsul Arifin itu.

Sejumlah pejabat Pemkab Langkat mengikuti vaksinasi dosis III (Booster) pada launching vaksin Booster untuk Langkat, di Tribun Alun- alun Tengku Amir Hamzah, Stabat, Rabu (9/2/2022). (Sumber Diskominfo Langkat For axialnews.id)

Langkat Lauching Vaksinasi Dosis III

Baca Juga  Umat Kristiani Merayakan Natal Oikumene 2021

Terpisah, Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin M.Kes, MM meninjau pelaksanaan vaksinasi dosis III, di Tribun Alun- alun Tengku Amir Hamzah, Stabat, Rabu (9/2/2022).

Pelaksanaannya merupakan launching vaksin Booster untuk Langkat. Kedepannya masyarakat dapat melakukan vaksinasi dosis III ini di 32 Puskesmas yang tersebar di Langkat pada hari Senin sampai Sabtu. 

Satu Pasien di Langkat  Bergejala Omicron

Selanjutnya Indra Salahudin memimpin rapat pembahasan pencegahan dan penanganan COVID-19 varian omicron, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat.

Sekda mengintruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk mensiapkan segala bentuk kebutuhan, sebagai antisipasi lonjakan dari penyebaran varian omicron. Juga diminta kepada seluruh instansi terkait  dapat melaksanakan kegiatan sesuai arahan Gubernur. 

“Persiapkan segala sesuatu dari kebutuhannya, saling koordinasi dan kerjasama, ” pinta Sekda.

Turut hadir Plt Kadis Kesehatan dr Juliana MM. Ia menjelaskan rapat sebagai tindak lanjut instruksi Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi terhadap penyebaran virus COVID-19 varian omricon. 

Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin M.Kes, MM memimpin rapat pembahasan pencegahan dan penanganan COVID-19 varian omicron, bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (9/2/2022). (Sumber Diskominfo Langkat For axialnews.id)

Diketahui  telah teridentifikasi 238 kasus  di Sumatera Utara, dan 11 kasus di Langkat, dengan 1 pasien menunjukkan gejala COVID-19 varian omricon. Saat ini sedang dirawat di salah satu rumah sakit di Langkat. 

“Di Langkat ada 11 pasien COVID-19, satu diantaranya  menunjukkan gejala omicron sedang dalam perawatan di rumah sakit,” ungkapnya.

Turut Hadir pada kegiatan, Dandim 0203 Langkat Letkol Inf. Wisnu Joko Saputro, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok,  Kabag OPS Kompol Agung Basuni mewakili Kapolres Binjai, Kasdim 0203/LKT Mayor Inf. Teuku Husaini, Kabag Ops Polres Langkat Kompol Ares Pianto, Kadis Kominfo H Syahmadi, Kadis Perhubungan Drs Mulyono, Plt Kasat Pol PP Dameka Putra Singarimbun, PJU Polres Langkat, Camat dan Danramil serta Kapolsek se-Langkat.(*)

  • Reporter: Ajeni Sutiyo
  • Editor: Mawardi S

Berita Lainnya

Contact Us