Amril Dilantik Jadi Sekdakab Langkat, Syah Afandin Sampaikan 3 Pesan

Berbincang hangat antara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH dengan Sekdakab Langkat Amril SSos MAP usai acara pelantikan, di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Jumat (5/8/2022). (Foto Diskominfo Langkat)
Iklan Pemilu

AXIALNEWS.id[dibaca: eksil nius] –  Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH melantik dan mengambil sumpah jabatan Amril SSos MAP sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Langkat, di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Jumat (5/8/2022). 

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Langkat No: 824-110/K/2022, tentang pengangkatan pegawai negeri sipil (PNS) dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat. 

Memutuskan dan mengangkat Amril SSos MAP NIP: 19690927 199102 1 001, Pangkat/Golongan Ruang Pembina Utama Muda (IV/c) ke dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat. 

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH melantik dan mengambil sumpah jabatan Amril SSos MAP sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Langkat, di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Jumat (5/8/2022). (Foto Diskominfo Langkat)

Pelantikan diawali pembacaan SK pelantikan oleh Sekretaris BKD Legimin Pramono SE. Serta penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh pejabat yang dilantik, disaksikan Plt Bupati Langkat serta Asisten Adm Umum Musti SE M Si dan Plt Kepala BKD Romarlan Harahap SH. 

Baca Juga  Pembayaran Non Tunai, Sekdako: Berikan Banyak Manfaat

Sebelumnya Amril menjabat sebagai Inspektur Kabupaten Langkat, dilantik sebagai Sekdakab Langkat menggantikan dr H Indra Salahudin MKes MM yang kini menduduki jabatan baru di Pemkab Langkat, sebagai Pejabat Fungsional Analis Kebijakan Ahli Utama. 

Amril SSos MAP resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Langkat, di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Jumat (5/8/2022). (Foto Diskominfo Langkat)

Syah Afandin pada sambutannya menyampaikan tiga pesan yang mendasar perlu menjadi perhatian sebagai Sekretaris Daerah yakni:

1. Tingkatan kedisiplinan aparatur, berikan reward dan punishment sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

2. Jaga dan tingkatkan tata pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel dan profesional sesuai visi misi Pemerintah Kabupaten Langkat. 

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH disambutannya sampaikan tiga pesan kepada Amril SSos MAP sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Langkat, di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Jumat (5/8/2022). (Foto Diskominfo Langkat)

3. Lakukan terobosan secara kreatif dan inovatif untuk tumbuh kembangnya perekonomian daerah, serta terpeliharanya harmonisasi di masyarakat dengan memberdayakan seluruh tugas dan kewenangan di masing-masing perangkat daerah.

Selanjutnya Afandin mengatakan amanah dan kewenangan sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat mengandung konsekuensi selain tugas pokok dan fungsi, yakni pertanggungjawaban jabatan kepada Allah SWT. 

Baca Juga  Terhambat Urus Izin, Masyarakat Resah Atas Aksi Demonstrasi di Dinas Pendidikan Langkat

Sebab jabatan Sekretaris Daerah merupakan jenjang jabatan struktural tertinggi pegawai negeri sipil di daerah. Mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam rangka kelancaran penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan sosial pelayanan masyarakat.

Amril SSos MAP menandatangani Berita Acara Pelantikan, disaksikan Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH, serta Asisten Adm Umum Musti SE M Si dan Plt Kepala BKD Romarlan Harahap SH, di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Jumat (5/8/2022). (Foto Diskominfo Langkat)

“Berhasil tidaknya pelaksanaan tugas-tugas di pemerintahan, sangat bergantung kepada kepiawaian manajerial dan seni kepemimpinan seorang Sekda dalam menata, mengelola serta memberdayakan perangkat organisasi sehingga semuanya berfungsi optimal,” jelasnya. 

Baca Juga  Pemkab Langkat & PT KAI Bersinergi Tingkatkan UMKM

Afandin juga mengatakan Sekretaris Daerah juga mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintah dengan mengkoordinasikan penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah, membina organisasi dan tata laksana. 

Serta memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh perangkat daerah, termasuk penyusunan kebijakan pemerintah daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH, Plt Ketua TP PKK Langkat Hj Endang Kurniasih Syah Afandin, Kepala Bappeda Rina Wahyuni Marpaung SSTP MAP, dan Sekdakab Langkat Amril SSos MAP, di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Jumat (5/8/2022). (Foto Diskominfo Langkat)

Berkaitan hal tersebut, Afandin meminta kepada Amril sebagai Sekdakab Langkat segera melakukan koordinasi dan evaluasi, terhadap tugas-tugas perangkat daerah dan melakukan identifikasi terhadap gejala permasalahan yang mungkin terjadi. 

Terutama di dalam pelaksanaan kewenangan Pemerintah Daerah yang menyangkut pelaksanaan urusan yang bersifat wajib. 

Seperti yang ditangani di dinas daerah diantaranya pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, kebutuhan hidup minimal dan prasarana lingkungan dasar. Juga pelaksanaan urusan yang bersifat pilihan berkaitan dengan potensi unggulan dan kekhasan daerah. 

Sekdakab Langkat Amril SSos MAP bersama istrinya Kepala Bappeda Rina Wahyuni Marpaung SSTP MAP beserta keluarga, di Pendopo Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Jumat (5/8/2022). (Foto Diskominfo Langkat)

Terakhir Afandin mengucapkan terimakasih kepada dr Indra Salahudin berserta istri, atas jasa pengabdian, dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan untuk kemajuan pembangunan daerah selama menjabat Sekdakab Langkat. 

“Semoga pengabdiannya menjadi amal ibadah dihadapan Allah SWT,” ucapnya. 

Turut hadir Plt Ketua TP PKK Langkat Hj Endang Kurniasih Syah Afandin, Unsur Forkopimda Langkat, para pejabat dijajaran Pemkab Langkat, para pimpinan BUMD dan BUMN, Ormas dan undangan lainnya.(*)

  • Reporter: Ajeni Sutiyo
  • Editor: MD Sinulingga

Berita Lainnya

Contact Us