Asia Pasific Rally 2023 Diharapkan Dorong Sektor Pariwisata

Pj Gubernur Sumu Hassanudin lepas peserta Grand Final Danau Toba APRC 2023, Jumat (24/11/23). Grand Final Danau Toba APRC 2023 diselenggarakan di Parapat, Simalungun.(axialnews)

AXIALNEWS.id | Pj Gubernur Sumut Hassanudin melepas pembalap Grand Final Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023.

Event yang menggabungkan olahraga dan hiburan ini diharapkan mendorong sektor pariwisata Sumut.

Grand Final Danau Toba APRC 2023 diselenggarakan di Kabupaten Toba. Pembalap dari berbagai negara ikut meramaikan antara lain Thailand, New Zeland, Portugal dan India.

“Acara ini bukan hanya tentang kejuaraan, tetapi juga semangat dan kerja sama menjadi bagian sport tourism dan sport entertainment,” kata Hassanudin, usai melepas pembalap Danau Toba APRC 2023 di Kaldera Normandic, Kabupaten Toba, Sumut, Jumat (24/11/23).

Baca Juga  Rumah Pompa Air di Belawan Mampu Atasi Banjir Rob

Ini merupakan event APRC kedua di Danau Toba, tahun lalu ada peningkatan okupansi penginapan sekitar 80%. Diharapkan APRC kali ini lebih memberikan dampak ekonomi signifikan ke masyarakat.

“Itu artinya event ini harus terus dilakukan agar memberikan dampak yang lebih besar,” kata Hassanudin usai seremoni pembukaan yang diiukti Leg I dan Super SS.

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan tahun fasilitas untuk event ini bakal lebaih baik. Dengan begitu, akan menarik lebih banyak wisatawan dan memungkinkan untuk event yang lebih besar.

“Tahun depan fasilitasnya lebih baik, jalan, ada hotel yang sedang dibangun saat ini, mudah-mudahan tahun depan kita jadi tuan rumah WRC (World Rally Championship),” kata Bambang Soesatyo yang juga merupakan Ketua MPR RI ini.

Baca Juga  Literasi Kesehatan Jiwa Sejak Dini oleh RSJ Prof Dr Ildrem

Berdasarkan keterangan Ketua Panitia Harun Mustafa, Danau Toba APRC 2023 diikuti pembalap top Asia Pasifik termasuk Indonesia. Dari Indonesia ada Sean Galael, Rifat Sungkar, Rian Nirwan, Subhan Aksa dan juga mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

“Awalnya kuota hanya 60 peserta, tetapi teman-teman dari Jakarta sudah bawa perlengkapan sehingga jadi 67,” kata Harun Mustafa.

Baca Juga  Kadin Diminta Bangun Perekonomian & Perangi COVID-19

Grand Final Danau Toba APRC 2023 akan berlangsung selama 3 hari, dari 24-26 November 2023. Selain APRC, pada kesempatan ini juga diselenggarakan IMI National Rally Championship putaran ke-4 yang diikuti pembalap-pembalap nasional.

Hadir pada pembukaan ini Pangdam I/BB Mayjen TNI M Hasan, Bupati Toba Poltak Sitorus, Bupati Pakpak Bharat Franc Benhard Tumanggor. Hadir juga OPD Pemprov Sumut antara lain Kadis Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, Kadispora Baharuddin Siagian dan Kadis Pariwisata Zumy Sulthony.(*)
Reporter: Ajril
Editor: M Afandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us