Berusia 400 Tahun, Masjid Raya Kedatukan Sunggal Diusulkan Jadi Cagar Budaya

Walikota Medan Bobby Nasution Safari Jumat bdi Masjid Raya Kedatukan Sunggal Serbanyaman Jalan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Jumat (17/11/23). (axialnews)

AXIALNEWS.id | Berusia 400 tahun, Walikota Medan Bobby Nasution mengusulkan Masjid Raya Kedatukan Sunggal Serbanyaman yang terletak di jalan PDAM Tirtanadi, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal menjadi bangunan Cagar Budaya Kota Medan.

Usulan ini disampaikan Bobby ketika Safari Jumat di Masjid Raya Kedatukan Sunggal Serbanyaman, Jumat (17/11/2023). Dengan dijadikannya sebagai cagar budaya, nantinya sejarah tentang masjid ini akan lebih diketahui masyarakat luas.

Baca Juga  Pj Gubernur Sumut Berharap Sinergi Eksekutif - Legislatif Semakin Baik

“Bangunan masjid Kedatukan Sunggal Serbanyaman ini umurnya hampir sama dengan umur Kota Medan yang ditahun ini berusia 433 tahun, dan mesjid Kedatukan Sunggal Serbanyaman kurang lebih 400 tahun. Saya inginnya bangunan ini dijadikan Cagar Budaya agar banyak yang diceritakan ataupun diambil pelajaran sejarah dari masjid ini,” Kata Bobby Nasution.

Dijelaskan Bobby, berdasarkan pengakuan pengurus masjid sampai hari ini belum ada renovasi ataupun perbaikan yang dilakukan baik itu oleh Pemko Medan maupun Kedatukan Sunggal Serbanyaman.

Baca Juga  Cegah Ormas Saling Serang, Polres Langkat Gelar FGD

“Jika diperbaiki atau direnovasi karena ini bangunan sudah berdiri lama, maka pengerjaannya tidak boleh sembarangan, harus ahlinya. Sebab jika salah sedikit sejarah yang tinggal disini bisa jadi hilang. Gambar yang telah dibuat oleh pengurus masjid untuk direnovasi sudah bagus, untuk itu mari kita sama-sama merealisasikan perbaikannya ,” Jelas Bobby Nasution.

Baca Juga  Tokoh-Tokoh NU Minta Rahudmnan Pimpin PWNU Sumut

Terkait dana untuk renovasi masjid, Bobby Nasution menyampaikan Pemko Medan akan membantu. Selain dana yang secara simbolis diserahkan dalam safari Jumat yang akan diterima pengurus masjid di awal tahun 2024, jajaran Pemko Medan juga akan memberikan sumbangan secara pribadi untuk mesjid raya Kedatukan Sunggal Serbanyaman.(*)
Reporter: R Hamdani
Editor: Eddy S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us