Disematkan Syal Kehormatan DPP PMS, Ketua PWI Langkat: Ini Keberkahan

Ketum DPP PMS, Mbelin Brahmana sematkan Syah Kehormatan kepada Ketua PWI Langkat, M Darwis Sinulingga. (Istimewa)

AXIALNEWS.id[dibaca: eksil nius] — Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Langkat, M Darwis Sinulingga mendapatkan Syal kehormatan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Merga Silima (PMS).

Syal itu disematkan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) DPP PMS, Mbelin Brahmana kepada Darwis saat memasuki Lobi Hotel Regale Medan, menghadiri pelantikan Pengurus DPP PMS 2022 – 2027, Rabu (16/11/2022).

“Saya merasa tersanjung. Karena Ketum PMS Mbelin Brahmana, secara langsung menyematkan syal khas Karo (Uis Beka Buluh) kepada saya. Ini suatu kehormatan. Ini bukan soal harga kainya, tapi sosok yang memberikanya. Beliau adalah tokoh masyarakat Karo atau boleh dikatakan orang nomor satu di PMS. Ini sungguh sebuah berkah,” tutur Yong Ganas sapaan akrab Darwis.

Selanjutnya Ketua Umum (Ketum) DPP PMS Mbelin Brahmana pada pelantikan menegaskan, agar pemuda Karo tetap menjaga solidaritas. Karena menjalin persaudaraan yang baik dapat memperkuat wadah tersebut. Pengurus PMS juga harus jadi pelopor pemberantasan peredaran narkoba.

Baca Juga  Perlombaan Disabilitas di Bahorok, Semarakkan HUT RI ke 77

“PMS harus menjadi organisasi yang cinta akan perdamaian. Kita juga harus menjaga persatuan dan kesataun, serta mendukung pembangunan. Kembangkan PMS hingga ke lapisan terendah, sebagai wadah berkumpulnya orang Karo,” cetus Mbelin.

Baca Juga  FGD HSP 2022 Dispora Sumut, Kapolda Ajak Pemuda Sadari Sejarah Bangsa

Ketua Bidang Penanggulangan Narkoba DPP PMS, H Zainuddin Purba SH mengatakan entis Karo terdiri dari lima marga besar. “Atas dasar itulah disebut Merga Silima. Ada marga Karo – Karo, Tarigan, Sembiring, Ginting dan Peranginangin,” tutur pria yang biasa disapa Pak Uda itu.

Anggota DPRD Sumut itu mengingatkan pemuda Karo serius menjauhi narkoba. Karena barang haram tersebut merupakan salah satu racun dunia. Dimana efek dari penggunannya dapat merusak generasi bangsa.

Narkoba dapat merusak nilai – nilai kemanusian di tengah maasyarakat. Semua nilai kemanusiaan dihancurkan karena imbas dari narkoba. “Harapan saya, ayo jauhi narkoba. Khususnya bagi pemuda Karo,” tegasnya.

Acara pelantikan digelar cukup megah, tamu yang hadir disuguhkan pertunjukan tarian Gundala – Gundala. Tari khas Karo ini melibatkan beberapa orang, termasuk pemain alat musik pengiring tarian. Mereka mengenakan jubah hitam dan putih, sembari mamakai topeng dari kayu berukuran besar.

Baca Juga  Siswa Lemdiklat Polri Angkatan 51 Laksanakan Baksos

Tarian asal Tanah Karo itu, konon digelar pada acara Erdogal Dodal atau ritual memanggil hujan. Jika terjadi kekeringan, masyarakat Karo zaman dulu menggelar tarian itu saat kemarau panjang melanda.

Selain penari berjubah, tarian Gundala – Gundala juga memperlihatkan replika burung raksasa yang diperankan penari lainnya. Konon, burung raksasa disimbulkan dari jelmaan petapa sakti bernama Gurda – Gurdi. Tamu yang hadir pun terkesima dengan pertunjukan kesenian legendaris Karo.(*)

Reporter: AN Yusuf
Editor: Eddy S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us