Efektif untuk Rematik, ini Segudang Manfaat Tanaman Nilam yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ilustrasi gambar Tanaman Nilam (Bisnis.com)

AXIALNEWS.id | Tanaman nilam merupakan jenis tumbuhan yang memiliki banyak manfaat, jenis tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang sering ditemui di daerah Asia, termasuk di Indonesia sendiri. Tanaman nilam memiliki nama latin yaitu Fogostoinen patchouli.

Tanaman ini memiliki warna batang yang khas yaitu warna biru keunguan, dan cenderung ditemui pada daerah dingin atau pada dataran tinggi dengan suhu sekitar 24-28 derajat. Tingkat kelembapan daerah bisa mencapai 75 persen dengan curah hujan sekitar 2000-3000 mm setiap tahunnya. Tanaman nilam dikenal sebagai salah satu tanaman penghasil minyak atsiri (jenis zat berbau yang terkandung dalam tanaman).

Hasil minyak dari tanaman nilam ini banyak digunakan dalam industri kosmetik, parfum, sabun dan industri lainnya. Tidak hanya itu, seiring dengan berkembangnya pengobatan aromaterapi, minyak nilam juga dimanfaatkan sebagai penyembuhan fisik.

Dikutip dari artikel manfaat.co.id, berikut ini manfaat dari tanaman nilam yang jarang diketahui banyak orang:

1. Sakit kepala

Berbagai kandungan yang ada pada tanaman nilam sangat efektif untuk mengatasi sakit kepala terutama migraine. Dengan memanfaatkan rebusan daun nilam ini sangat ampuh untuk mengatasi sakit kepala secara alami.

Baca Juga  Rudi Hartono Sosialisasikan Dana Peremajaan Kelapa Sawit ke 1.000 Petani

2. Obat untuk disentri

Disentri adalah salah satu penyakit yang sering menyerang penduduk Indonesia yang biasanya disebabkan sanitasi yang buruk dan kurang terjaganya kebersihan air yang dikonsumsi sehari-hari. Gejala yang sering muncul pada penyakit ini adalah mual, diare, muntah, demam, ataupun kram perut. Daun nilam merupakan solusi yang tepat dengan merebus daun nilam kering dan mengambil airnya seperti mengonsumsi teh.

3. Efektif untuk rematik

Rematik merupakan salah satu penyakit yang identik dengan orang tua. Rematik merupakan penyakit yang timbul pada otot atau persendian karena pada daerah tersebut terjadi peradangan atau pembengkakan. Pada permasalahan ini, akar tanaman nilam lebih tepat sebagai pengobatan untuk penyembuhan penyakit rematik.

Cara memanfaatkan akar nilam sangat mudah, yaitu dengan meremas-remas akar nilam terlebih dahulu dan mengoleskannya pada daerah yang sakit dan perlu menunggunya sampai kering sebelum membilasnya kembali dengan air hingga bersih.

Baca Juga  RIK Harus Mampu Tingkatan Pelayanan & Kesejahteraan Masyarakat

4. Mencegah infeksi

Bukan hanya berfungsi sebagai antiseptik, minyak atsiri juga berfungsi untuk membunuh jamur yang berarti dapat mengobati kaki saat mengalami kutu air atau mengalami infeksi jamur lainnya.

Memanfaatkan minyak atsiri ini pun sangat mudah yaitu dengan mengoleskan 2-3 tetes minyak atsiri pada daerah yang terinfeksi dan mendiamkannya selama beberapa saat sebelum membilasnya dengan air hingga daerah tersebut kembali bersih.

5. Menjaga kesehatan ginjal

Tanaman daun nilam bisa menjaga kesehatan ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ terpenting pada tubuh manusia dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mengatur kadar senyawa kimia dalam tubuh yang membuat jantung dan otot dapat berfungsi dengan baik.

Namun tidak jarang organ yang satu ini mengalami gangguan atau kerusakan, dan gejala yang biasa timbul adalah pembengkakan pada daerah tubuh tertentu, sesak nafas, ataupun sulit tidur. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dengan cara menjaga kesehatan ginjal dengan cara merebus beberapa lembar daun nilam dan mengonsumsinya secara rutin tiap hari.

Baca Juga  Takaran Sehat Minum Air Agar Tubuh Tidak Kekurangan Cairan

6. Menyembuhkan bisul

Bisul bisa timbul di mana saja dan di tempat yang sering tidak diprediksi sebelumnya  seperti pada wajah, ketiak, bahu, ataupun leher. Timbulnya bisul ini juga tidak dapat dipungkiri mengganggu penampilan dan lebih buruk lagi bisa menyebabkan demam.

Daun nilam bisa menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan ini, caranya pun sangat mudah yaitu dengan merebus beberapa daun nilam terlebih dahulu lalu mengoleskannya pada bisul dan tunggu hingga mengering sebelum membilasnya dengan air hingga bersih.

7. Mengatasi jerawat

Tanaman nilam bisa untuk mengobati jerawat dan dapat mencegah datangnya jerawat. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan menggunakan minyak nilam atau yang bisa dikenal dengan minyak atsiri dan mengoleskannya pada daerah wajah yang terdapat jerawat.

Lalu diamkan minyak ini hingga mengering secara alami sebelum membilas wajah dengan air hangat hingga wajah kembali bersih. (*)

Editor : Nur Adilasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us