Hapus 3 Aplikasi Berbahaya, Diimbau Pengguna Android User Segara Cek!

Diimbau pengguna Android segera hapus 3 aplikasi berbahaya ini sekarang juga, kalau tidak saldo di rekening anda bisa ludes. (sumber: merdeka.com)

AXIALNEWS.id | Diimbau bagi para pengguna Android untuk segera cek dan hapus tiga aplikasi berbahaya ini. Aplikasi clone itu disebut-sebut bisa membuat saldo rekening ludes, karena itu harus lekas dihapus.

Pakar keamanan siber ESET menemukan tiga aplikasi populer itu dapat mencuri data pribadi pengguna Android. Ada open-source malware XploitSPY yang bersemayam sehingga bisa keamanan data pribadi serta detailnya dapat diambil.

Melansir Yahoo! News, adapun trio aplikasi yang dimaksud adalah Dink Messenger, Sim Info, dan Defcom. Mereka merupakan bagian dari kampanye yang ditargetkan, yang dimulai pada November 2021, untuk mendistribusikan malware ke ponsel Android terutama di India dan Pakistan, menurut ESET.

Baca Juga  Mengenal Istilah Glossophobia, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lalu, untuk menghapus aplikasi di Android, buka aplikasi Google Play Store dan di kanan atas, ketuk ikon Profil. Ketuk Kelola aplikasi dan perangkat. Lanjut dengan memilih nama aplikasi yang ingin hapus. Ketuk Uninstall.

“Aplikasi yang mengandung XploitSPY dapat mengekstrak daftar kontak dan file, lokasi GPS perangkat, dan nama file yang tercantum dalam direktori tertentu terkait dengan kamera, unduhan, dan berbagai aplikasi perpesanan seperti Telegram dan WhatsApp,” kata tim peneliti.

Mereka menjelaskan malware ini menggunakan native library, yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi Android untuk meningkatkan kinerja dan mengakses fitur sistem. 

Baca Juga  Bina Pajak Bundar, Amir Hamzah Dukung Terobosan Karang Taruna
Baca Juga  RIK Harus Mampu Tingkatan Pelayanan & Kesejahteraan Masyarakat

“Namun, dalam kasus ini, library digunakan untuk menyembunyikan informasi sensitif, seperti alamat C&C server, sehingga mempersulit alat keamanan untuk menganalisis aplikasi,” jelas mereka.

Dengan begitu, segera cek aplikasi di HP Android milik kamu sekarang juga. Jika ditemukan nama aplikasi yang dimaksud, lekas uninstall aplikasi tersebut.(*)

Sumber: detikinet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us