Hari Keputeraan T. Amir Hamzah ke 111, Masyarakat Langkat Minta Bangunan Sejarah Dilestarikan

Pelaksana Tugas (Plt) H Syah Afandin menyampaikan sambutannya pada peringatan Hari Keputraan Pahlawan Nasional Tengku Amir Hamzah ke 111 Tahun (28 Februari 1911-28 Februari 2022), di Halaman Masjid Azizi Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Senin (28/2/2022). (Sumber Diskominfo Langkat For axialnews.id)

AXIALNEWS.id [dibaca: eksil nius] — Langkat | Masyarakat Negeri Bertuah peringati Hari Keputraan Pahlawan Nasional Tengku Amir Hamzah ke 111 Tahun (28 Februari 1911-28 Februari 2022), di Halaman Masjid Azizi Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Senin (28/2/2022). 

Hadir Pelaksana Tugas (Plt) H Syah Afandin dan Anggota DPR RI Prof DR H Djohar Arifin untuk mengikuti acara serta turut berziarah kemakam Tengku Amir Hamzah.

Baca Juga  Sejarah Lahirnya Pemuda Pancasila, Sejumlah Kader Jadi Pejabat Negara

Prof Djohar mewakili masyarakat Langkat meminta kepada Syah Afandin melestarikan bangunan – bangunan yang ada di Langkat yang dikenal memiliki nilai sejarah. 

Ia menjelaskan bahwa Langkat dulu memiliki jembatan. Jembatan itu bisa digerak-gerakkan jika kapal tanker lewat jembatan. Karakter di jembatan tersebut berada di sungai Batang Serangan untuk menuju ke Rantau Panjang. 

Saat ini masih ada jembatannya, diharapkan jangan sampai hanya menjadi besi tua. 

Baca Juga  Gubsu: Perlu Pembelajaran Terus Menerus Membuat MPP

Jadi harus dirawat sebagai bukti Langkat punya peran yang besar pada peradaban bangsa ini. 

Selain itu, sambung Djohar, Langkat juga memiliki  istana Langkat yang bangunannya sudah dihancurkan oleh musuh, mereka para komunis. 

Langkat juga memiliki banyak sekali bangunan – bangunan bersejarah lainnya. Seperti adanya listrik pertama kali juga di Langkat. Gedung listrik tersebut terletak di jalan listrik milik Sultan Langkat.

Baca Juga  Masyarakat Langkat Diajak Bupati Jadi Garda Terdepan Kampanyekan Vaksin

Lapangan terbang juga dahulu dimiliki Langkat. Saat ini masih ada sisa puingnya yaitu tower di Pasar Dua. 

“Ini menjadi bukti bahwa Langkat dahulu sangat maju pada masanya di negeri ini,”tandasnya.

Djohar juga menjelaskan bahwa dahulu Langkat punya peranan penting baik di dalam negeri dan dikanca internasional. 

Baca laman selanjutnya…

Halaman: 1 2 3
Berita Lainnya

Contact Us