Hari Keputeraan T. Amir Hamzah ke 111, Masyarakat Langkat Minta Bangunan Sejarah Dilestarikan

Pelaksana Tugas (Plt) H Syah Afandin menyampaikan sambutannya pada peringatan Hari Keputraan Pahlawan Nasional Tengku Amir Hamzah ke 111 Tahun (28 Februari 1911-28 Februari 2022), di Halaman Masjid Azizi Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Senin (28/2/2022). (Sumber Diskominfo Langkat For axialnews.id)

Indonesia memiliki minyak pertama kali keberadaannya di Langkat, tepatnya  di Telaga Said. Kilang minyak pertama di Republik ini juga berada di Brandan Kabupaten Langkat.

Dimasa lalu Langkat juga memiliki pelabuhan minyak menjadi pelabuhan minyak pertama di Asia. 

Selain itu kapal tanker pertama minyak juga milik Sultan Langkat.

Jadi dimasa lalu Langkat atas permintaan Eropa telah mengakut banyak minyak kesana. 

Baca Juga  Gubsu: Perlu Pembelajaran Terus Menerus Membuat MPP

“Dahulu kita  (Langkat) diminta oleh Eropa mengirim minyak, maka diangkut dengan tengker tengker pertama di Asia minyak itu yang berasal dari Langkat. Sudah banyak sekali yang tidak terhitung nilai uangnya karena minyak ada di sini. Bangsa dari Eropa juga berdatangan ke Langkat, mudah-mudahan ini terus dipertahankan,” ungkapnya. 

Pelaksana Tugas (Plt) H Syah Afandin bersama Anggota DPR RI Prof DR H Djohar Arifin berziarah kemakam Tengku Amir Hamzah pada peringatian Hari Keputraan Pahlawan Nasional Tengku Amir Hamzah ke 111 Tahun (28 Februari 1911-28 Februari 2022), di Halaman Masjid Azizi Tanjung Pura Kabupaten Langkat, Senin (28/2/2022). (Sumber Diskominfo Langkat  For axialnews.id)

Menanggapi itu, Syah Afandin mengajak semua pihak turut serta memajukan Langkat. Yakni dengan menyatukan persepsi dan pandangan serta perjuangan demi membesarkan Bumi Langkat. 

Baca Juga  Sumut Terima Rp59,77 T dari APBN, DIPA-nya Rp19,92 T
Baca Juga  Kutuk Tarian Waria di BMM, Ormas Islam Minta Pemko Binjai Beri Sangsi

Terkait pelestarian bangunan bersejarah, Afandin meminta Dinas Pariwisata memiliki konsep untuk melestarikannya. 

Baca laman selanjutnya…

Halaman: 1 2 3
Berita Lainnya

Contact Us