Harlah Pancasila, Pj Gubernur Sumut: Menjadi Energi Bangsa

Pj Gubernur Sumut Hassanudin membagikan bendera merah putih usai memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/24) di Lapangan Astaka, Jalan Pancing. (axialnews)

AXIALNEWS.id | Pj Gubernur Sumut Hassanudin memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024.

Hassanudin menyampaikan, Pancasila akan terus relevan bagi bangsa Indonesia khususnya masyarakat Sumut.

“Pancasila itu anugerah yang Maha Kuasa, pendiri bangsa kita sudah meletakkan dasar negara kita yang sangat adaptif untuk kita, sehingga Pancasila ini tidak akan lekang karena panas, tak akan luntur karena hujan,” kata Hassanudin.

Disampaikannya usai memimpin Upacara Harlah Pancasila di Lapangan Astaka, Jalan Pancing, Sabtu (1/6/24).

Menurut Hassanudin, Pancasila menjadi energi bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan. Mulai dari kemajuan teknologi, tekanan hidup dapat dihadapi dengan semangat Pancasila.

Baca Juga  Miliki 1.000 Guru PAI, AGPAII Minta Arahan MUI

Penerus bangsa haruslah terus menghayati Pancasila dan mengembangkannya dalam kehidupan sehari hari.

“Kita selalu dalam keragaman, Pancasila merupakan perekat kerukunan harmoni dalam menghadapi apapun, untuk menatap masa depan yang lebih baik, mari kita semangat gelorakan keberagaman,” ujar Hassanudin.

Sebelumnya, dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi yang dibacakan Pj Gubernur Hassanudin.

Yudian Wahyudi mengajak untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Menurutnya, sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah.

Baca Juga  Pengajian Akbar Upaya Wujudkan Binjai yang Madani

Sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” ujarnya.

“Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” katanya.

Hassanudin juga menyerahkan bendera merah putih untuk masyarakat secara simbolis kepada Paskibraka yang bertugas.

Baca Juga  Dengarkan 3 Pesan Penting Presiden, Afandin Gelorahkan Aksi Bangga Buatan Indonesia

Penyerahan bendera merah putih merupakan bagian program pembagian bendera sebanyak 10 juta yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Turut hadir Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Ketua DPRD Sumut Sutarto, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho. Upacara diikuti unsur ASN, TNI, POLRI, dan instansi terkait lain.(*)
Reporter: M Alzi
Editor: M Afandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us