Hasher Sibayak Jelajahi Perbukitan Desa Tiang Layar Pancur Batu

Para Hasher dari Komunitas Hash Sibayak berbaur dengan warga setempat sebelum melakukan kegiatan jelajah alam perbukitan di Desa Tianglayar, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, Kamis (16/12/21). Sumber SMSI Binjai Langkat For axialnews.id

AXIALNEWS.id – Deliserdang | Sebanyak 105 Hash House Harriers  (Hasher: perkumpulan pecinta olahraga lintas alam) yang tergabung dalam Komunitas Hash Sibayak turut ambil bagian pada kegiatan jelajah alam perbukitan di Desa Tianglayar, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, Kamis (16/12/2021).

Kegiatan olahraga bersama yang mengandalkan kekuatan dan daya tahan fisik ini rutin dilaksanakan. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, juga memperkuat silaturahmi dan hubungan komunikasi antar sesama hasher.

Baca Juga  Komisi DPRD Sergai Sharing ke Orta Setdakab Langkat

General Manager Komunitas Hash Sibayak, Edi Gunawan Jurung mengatakan, Komunitas Hash Sibayak merupakan gabungan para hasher atau penggiat olahraga hash.

Menurutnya, hash adalah olahraga yang menggabungkan berbagai keahlian fisik seperti jalan, lari, lompat dan renang. Dilakukan dengan mengandalkan kerjasama tim, serta keahlian membaca peta dan petunjuk arah.

“Hash sendiri merupakan sejenis olahraga lintas alam yang berasal dari Inggris. Olahraga ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia sejak tahun 2000-an,” terang Edi Gunawan.

Baca Juga  500 Sertifikat Tanah Diterbitkan BPN Tuk Masyarakat di 6 Desa

Saat mengikuti olahraga ini  diakuinya, kelompok hasher menjelajahi rute berdasarkan kertas petunjuk yang telah ditaburkan oleh para hound. Biasanya para hasher dari suatu komunitas hash telah terlebih dahulu membekali diri dengan air minum, senter, alat penunjuk arah, dari telepon seluler android.

Tidak heran para hasher harus melintasi rute berupa daerah perbukitan, kebun, sungai, dan hutan belantara yang ditempuh dengan cara berlari, berjalan, melompat, merangkak, berguling, memanjat, hingga berenang.

“Jadi, selain mengasah kekuatan dan kemampuan fisik, olahraga ini juga mampu menumbuhkan rasa kebersamaan, kekompakan, dan kerjasama tim,” ujar Edi Gunawan.

Baca Juga  Terobos Instalasi Vital PLTU Susu, Raider 100 Bebaskan Sandra

Baca laman selanjutnya…

Halaman: 1 2
Berita Lainnya

Contact Us