AXIALNEWS.id — [dibaca: eksil nius] — Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengapresiasi layanan dan kesiapan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara (Divre I Sumut) dalam menyambut masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023.
Saat menaiki Kereta Api Sribilah Medan-Rantauprapat, Ia mengapresiasi kesiapan PT KAI Divre I Sumut yang telah membuka penjualan tiket secara bertahap sejak 7 November 2022 lalu atau H-45 keberangkatan. “Waktunya lebih panjang, jadi masyarakat tak perlu khawatir, dan tiketnya bisa dibeli melalui gadget saja tanpa harus mengantre ke stasiun,” ujar Ijeck, Selasa (13/12/2022).
Hal ini dibenarkan VP PT KAI Divre I Sumut Yuskal Setiawan menyampaikan dalam meningkatkan pelayanan di masa Nataru, pihaknya sudah menyiapkan pemesanan tiket lebih awal. “Pada prinsipnya untuk meningkatkan pelayanan Nataru ini, kita sudah menyiapkan pemesanan tiket lebih awal ini untuk memudahkan pengguna jasa mendapatkan tiket,” katanya.
Kedua, tambah Yuskal, pihaknya akan meningkatkan cadangan gerbong dan lokomotif untuk menghadapi lonjakan penumpang pada puncak libur Nataru. Adapun periode Angkutan Nataru yang ditetapkan KAI adalah keberangkatan 22 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023.
“Kita akan tambah lokomotif yang maksimal supaya panjang rangkaian kereta api ini bisa menampung lonjakan Nataru. Kami prediksi peningkatan penumpang dibanding Nataru tahun lalu sebesar 15%,” katanya.
Manager Humas Divre I Sumut Mahendro Trang Bawono menambahkan pada masa angkutan Nataru ini, pihaknya menyediakan rata-rata 5.316 tiket perhari untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat untuk perjalanan KA Jarak Jauh, atau dengan total tiket 95.688 selama masa libur Nataru.
“KAI Divre I SU memberikan peningkatan pelayanan dengan memberikan waktu yang lebih leluasa kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanannya dengan kereta api pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 jauh-jauh hari,” ujar Mahendro.
Tambahnya, para pelanggan bisa memesan tiket KA secara online melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, Contact Center 121, Loket Box, serta seluruh mitra resmi pemesanan tiket KAI lainnya. Ia juga mengingatkan calon penumpang untuk menerapkan protokol kesehatan dan menunjukkan bukti vaksin kedua untuk pasien usia 6 sampai 17 tahun dan vaksin booster untuk usia 18 tahun ke atas. (*)
Reporter: Eko S
Editor: M Surbakti