Kali Kedua Vladimir Putin Hadiahkan Kim Jong Un Mobil Mewah

Screenshot video Presiden Rusia Vladimir Putin tengah menyupori pemimpin Korut Kim Jong Un ketika keduanya menaiki mobil Limosin Aurus di ruas jalanan Pyongyang. (Istimewa)

AXIALNEWS.id | Kali kedua Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan hadiah mobil mewah untuk pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Vladimir Putin dan Kim Jong Un saling bertukar hadiah dalam pertemuan di Pyongyang.

Putin kembali menghadiahkan limosin mewah Aurus, sedangkan Kim Jong Un membalas Putin dengan memberikan karya seni dan sepasang anjing pemburu Pungsan.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Jumat (21/6/2024), salah satu ajudan Putin, Yuri Ushakov, mengungkapkan bahwa Putin dan Kim Jong Un saling bertukar hadiah selama kunjungan berlangsung di Pyongyang sejak Rabu (19/6/2024) waktu setempat.

Kunjungan ini merupakan yang pertama kali dilakukan Putin ke Korut dalam 24 tahun terakhir.

Dalam pertemuan di Pyongyang, seperti dilansir AFP, kedua pemimpin membahas penguatan hubungan dan menandatangani “perjanjian kemitraan strategis” yang mencakup pakta pertahanan bersama.

Putin sebelumnya memberi isyarat bahwa kedua negara menyiapkan dokumen yang akan menjadi “dasar” hubungan selama beberapa tahun ke depan.

Ushakov, dalam pernyataan terpisah, mengungkapkan bahwa Putin menghadiahkan sebuah limosin mewah Aurus Senat buatan Rusia kepada Kim Jong Un dalam kunjungannya itu.

Baca Juga  Kontraktor Kembalikan Uang Lampu Pocong Rp 7,8 Miliar ke Kejari Medan

Tidak hanya itu, pemimpin Kremlin itu juga memberikan sebuah belati Angkatan Laut Rusia dan satu set cangkir teh, yang digambarkan “sangat indah” oleh Ushakov, sebagai hadiah untuk sang pemimpin Korut.

Putin telah memberikan hadiah limosin mewah Aurus kepada Kim Jong Un pada Februari lalu.

Ini berarti, sang pemimpin Korut tersebut telah memiliki dua limosin mewah Aurus sejauh ini.

“Keduanya telah bertukar hadiah. Kami memberikan Aurus,” ucap Ushakov dalam pernyataan kepada kantor berita Rusia, TASS.

“Ini yang kedua, bukan yang ketiga, ini yang kedua pastinya,” imbuhnya.

Limosin mewah Aurus Senat yang bergaya retro seperti limosin ZIL era Uni Soviet, merupakan mobil resmi kepresidenan Rusia dan digunakan Putin saat menghadiri seremoni pelantikannya sebagai Presiden Rusia untuk periode kelima di Kremlin pada Mei lalu.

Baca Juga  Siswa Terbaik Bintara SPN Poldsu “Putra Petugas Kebersihan Sekolah”

Ketika Kim Jong Un mengunjungi Rusia pada September tahun lalu, Putin menunjukkan limosin mewah Aurus kepadanya.

Pada saat itu, Kim Jong Un duduk di samping Putin di dalam limosin itu, dan tampak menikmatinya.

Pada Rabu (19/6/2024) waktu setempat, kedua pemimpin ditampilkan saling bergantian menyopiri limosin mewah Aurus di ruas jalanan Pyongyang.

Video yang dirilis kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) menunjukkan Putin terlebih dahulu duduk di kursi pengemudi dan menyopiri Kim Jong Un, yang duduk di kursi penumpang. Setelah itu terlihat keduanya bertukar tempat.

Baca Juga  Syah Afandin Terima Aset Air Minum & Sanitasi Kementerian PUPR

Ushakov, dalam pernyataannya, tidak menjelaskan secara spesifik soal hadiah yang diterima Putin dari Kim Jong Un.

Namun dia mengisyaratkan bahwa hadiah balasan dari pemimpin Korut itu “ada kaitannya dengan citra presiden kita”.

Dia menyebut ada sejumlah karya seni, termasuk beberapa patung, di antara hadiah itu.

Ushakov memuji hadiah-hadiah dari Kim Jong Un untuk Putin sebagai “hadiah yang sangat bagus” dan “cukup cekatan”.

Sementara itu, rekaman video yang dirilis KCNA juga menunjukkan Putin menerima sepasang anjing pemburu asli dari Pungsan sebagai hadiah dari Kim Jong Un.

Anjing jenis yang sama dihadiahkan Kim Jong Un kepada mantan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In tahun 2018 lalu saat hubungan kedua Korea mengalami terobosan.(*)
Sumber: detikcom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us