Kebakaran Besilam Rugikan Rp 1 Miliar, 14 Rumah Ludes Termasuk Panti Jompo

Tampak sisa bangunan yang ludes dilalap sijago merah berlokasi di Langkat, Rabu (5/6/24). (axialnews) 

AXIALNEWS.id | Gubernur Sumut 2018-2023 Edy Rahmayadi menyampaikan kabar duka melalui akun instagran pribadinya @edyrahmayadi. 

Dilihat dari video yang diunggah Edy, tampak kobaran api melalap bangunan rumah.

Warga pun bergotong royong bersama petugas pemadam kebakaran dari Pemkab Langkat untuk memadamkan api. Di akhir video, tampak kondisi rumah yang terbakar.

“Besilam Berduka. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Saya beserta keluarga turut berduka dan prihatin sekali atas musibah kebakaran yang melanda Kampung Besilam, Langkat kemarin,” tulis Edy, Rabu (5/6/24). 

Mendengar kabar tersebut, mantan Pangkostrad itu pun memerintahkan timnya untuk turun ke lokasi memberikan bantuan kepada masyarakat.   

“Kabar duka ini saya terima pagi ini melalui pesan singkat dan langsung saya meminta kepada tim saya untuk segera mengirimkan bantuan ke sana untuk meringankan beban masyarakat di sana,” kata Edy.

Baca Juga  Sah…!!! Rahudman Harahap Pimpin IPHI Sumut

Ia juga mendoakan para korban kebakaran tabah dalam menghadapi cobaan yang diberikan dan diganti rezekinya yang bagus. 

“Titip pesan saya kepada seluruh korban kebakaran agar selalu tabah dan ikhlas dalam menerima cobaan ini. Semua ini sudah menjadi kehendak dan takdir dari Allah SWT. Saya doakan, semoga segala musibah ini, kelak diganti dengan rezeki yang lebih baik dari Allah SWT, Aamiin YRA,” pungkasnya. 

Sementara Kastpol PP Kabupaten Langkat Damai Eka Putra Singarimbun memaparkan, sebanyak 14 rumah semi permanen terbakar termasuk panti jompo di Kampung Terekat Naqsyabandiyah Babussalam.

Tepatnya di Dusun II Hulu, Desa Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, sekitar pukul 02.42 WIB, Rabu (5/6/24).

Baca Juga  Mantap Pedas Sambalnya, ‘Mak Mie’ By Mak Beti Rp.13 Ribu

Diduga penyebab kebakaran karena korsleting listrik. Berdasarkan informasi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Akan tetapi, kerugian meteril akibat 14 rumah semi permanen yang ludes terbakar mencapai Rp1 Miliar lebih. Lalu, pihaknya menurunkan 2 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi.

“Pengendalian api pertama kali dengan damkar dari Pos Tanjung Pura,” kata Damai. 

Lanjut, berselang 20 menit mobil damkar dari Satpol PP Langkat tiba di lokasi. Masyarkat sekitar juga membabantu memadamkan api dengan perlengkapan seadanya dan berhasil di padamkan pada pukul 04.42 WIB.

Baca Juga  Pewarta Polres Langkat Dilantik, Darwis : Mereka Kompeten

“Ada 14 rumah yang terbakar. Semuanya semi permanen. Selain rumah warga, ada juga panti jompo yang ludes terbakar. Kerugian diperkirakan mencapai Rp1 Miliar lebih,” jelas Damai.

“Ya, sudah kita padamkan apinya, data korban juga sudah masuk, saat ini tim lagi bersiaga di lokasi, untuk memastikan tidak adanya potensi bara api yang masih menyala,” tambahnya.

Adapun kelima rumah warga yang ikut terbakar bersama sembilan rumah jompo yaitu, Asiah Soleh (65), Baki (42), Samsiah (60), Mursidin (50) dan Inang Boru (70).(*)

  • Reporter: M Alzi
  • Editor: R Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us