Korpri Medan Diminta Ciptakan Program Kesejahteraan ASN, Ini 5 Kriteria Pentingnya

Wakil Walikota Medan Aulia Rachman ikut hadiri pelantikan Pengurus Unit Korps Korpri Kota Medan masa bakti 2019-2024, Selasa (7/11/23) di Hotel JW Marriott. (axialnews)

AXIALNEWS.id | Pengurus Unit Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Medan masa bakti 2019-2024 resmi dilantik, di Hotel JW Marriott, Selasa (7/11/2023).

Pelantikan dirangkaikan seminar dan Rapat Kerja (Raker) Korpri Kota Medan ini dilakukan Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Medan, Wiriya Alrahman yang juga merupakan Sekdako Medan.

Diawali dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars Korpri serta Pembacaan Panca Prasetya Korpri pelantikan pengurus unit Korpri Kota Medan ini dihadiri Dewan Penasehat Korpri diwakili Wakil Walikota Medan Aulia Rachman.

Pelantikan ditandai penyerahan bendera Pataka oleh Ketua Dewan Pengurus Korpri kepada perwakilan Unit Korpri Kota Medan. Juga diserahkan secara simbolis kartu Aparatur Sipil Negara (ASN)

Wakil Walikota Medan Aulia Rachman mengatakan setelah 6 tahun Korpri Kota Medan ini vakum, dibawah kepemimpinan bapak Walikota Medan Bobby Nasution Korpri Kota Medan kini aktif kembali.

“Melalui unit Korpri, mari kita wujudkan Good Government di Pemko Medan,” ajaknya.

Baca Juga  Meriah, 2.000 Masyarakat Langkat Ikuti Jalan Sehat Bersama BUMN

“Dalam membangun sebuah good government keseteraan dan kesejahteraan harus berjalan di internal ASN. Artinya kesejahteraan sangat menentukan sebuah good government di Pemko Medan,” tambah Aulia Rachman.

Menurutnya, ego sektoral di jajaran ASN Pemko Medan masih ada, padahal sudah membangun sistem reformasi birokrasi namun belum berjalan maksimal.

Diyakini dengan adanya pengurus unit Korpri sistem reformasi birokrasi ini dapat berjalan maksimal dengan begitu good government juga akan semakin terwujud.

“Setelah dilantik pengurus unit Korpri dapat memberikan saran dan masukan untuk sebuah program kerja tahun 2023 dan 2024 yang benar-benar menyentuh dan dirasakan oleh jajaran ASN atau keluarga besar Korpri.

Terkhusus program ini berdampak positif untuk ASN golongan rendah apalagi usianya jelang pensiun,” sebut Aulia Rachman.

Aulia menambahkan unit Korpri Kota Medan dapat menciptakan program kerja yang sederhana seperti membantu anak ASN golongan rendah yang pensiun untuk bersekolah ataupun membuatkan mereka UMKM yang didukung oleh Pemko Medan dari sisi permodalan maupun pelatihan. Hal ini tentunya sesuai dengan program prioritas Pemko Medan.

Baca Juga  Penurunan Stunting Diyakini Amir Hamzah Ciptakan Generasi Emas

“Selamat kepada Pengurus Unit Korpri Kota Medan yang baru dilantik. Ciptakan program melalui anggaran yang dipungut dari setiap anggota yang nantinya dapat dikembalikan anggaran kepada anggota khususnya yang golongan rendah,” pungkas Aulia Rachman.

Sebelumnya Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Medan Wiriya Alrahman, mengatakan pengurus korpri bukan hanya sebatas ASN yang menjalankan program kerja.

Namun Korpri Kota Medan adalah garda terdepan untuk mendorong dan meningkatkan kualitas pembangunan daerah melalui integritas yang dimiliki anggota Korpri yang tangguh.

“Sebagai anggota Korpri Kota Medan kita dituntut untuk dapat menciptakan ekosistem kerja sebagai ASN yang berorientasi kepada kinerja, prestasi dan inovasi. Kita juga dituntut untuk melek teknologi sebab banyak sudah aplikasi yang dibangun oleh Pemko Medan dengan mengandalkan teknologi yang terbaru,” jelas Sekda.

Baca Juga  Meriahkan 31 Tahun Gelar AKABRI 90, Forkopimda Langkat Vaksinasi Warga

Menurut Sekda, ada lima kriteria penting yang perlu diketahui anggota Korpri yakni profesionalisme, integritas, orientasi kepublikan, budaya melayani dan berwawasan global.

“Semua ini penting bagi kita semua karena kita tidak bisa lepas dari perubahan teknologi yang ada termasuk melepaskan dari hubungan internasional,” katanya.

“Oleh karena itu wawasan global harus dimiliki. Sebab peningkatan kapasitas building sangat perlu dibutuhkan. Artinya kelangsungan baik atau tidaknya dalam menjalankan roda pemerintahan sangat tergantung dengan kualitas anggota Korpri,” sambungnya.

Usai pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Korpri kota Medan yang dipimpin langsung Ketua Dewan Pengurus Korpri Kota Medan Wiriya Alrahman. Dalam Raker ini Masing-masing komisi menyampaikan program kerjanya.(*)
Reporter: R Hamdani
Editor: Eddy S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us