Mobil Patroli Samapta Polda Sumut Dilengkapi Fitur Canggih

Mobil Patroli Perintis Samapta Polda Sumut dilengkapi beragam fitur canggih. (axialnews)

AXIALNEWS.id | Mewujudkan Area Publik yang aman dan nyaman bagi masyarakat, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) meluncurkan Mobil Patroli Perintis Samapta, di Aula Tribrata Polda Sumut, Senin (24/7/2023).

Mobil Patroli Perintis Samapta yang diluncurkan Polda Sumut ini dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur berteknologi mutakhir dan modern.

“Mobil ini kita luncurkan untuk mengendalikan, pelihara, dan menciptakan keamanan serta kenyamanan bagi semua masyarakat di area publik. Kita juga lengkapi dengan fitur-fitur berteknologi mutakhir dan modern,” jelas Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, saat peluncuran mobil patroli tersebut.

Fitur-fitur berteknologi tinggi dan mutakhir tersebut, tutur Irjen Pol Agung Setya, diantaranya teknologi pemantauan dilengkapi kamera High Definition (HD), sensor deteksi kendaraan, serta perekam data.

Baca Juga  Naungi 2.800 Guru, Syah Afandin Janji Dukung Program HIMPAUDI

Ia mengatakan, fitur ini memungkinkan anggota kepolisian melakukan pemantauan dan pengawasan dengan lebih efektif dalam menjaga keamanan wilayah.

Mobil patroli ini juga dilengkapi dengan sistem komunikasi terpadu dan terkoneksi dengan Pusat Komando (Command Centre). Ini memudahkan anggota untuk bertukar informasi yang cepat dan koordinasi lebih baik dalam tugas.

“Paling mutakhir, kita menggunakan kendali suara dan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di mobil patroli ini,” ungkap mantan Asisten Operasi Kapolri tersebut.

Baca Juga  Ajak Mahasiswa Audiensi, Afandin Janjikan 100 Beasiswa S1 dan S2

Teknologi kendali suara dan kecerdasan buatan (AI), tuturnya, membantu petugas mengakses informasi, menavigasi, dan mengambil tindakan tepat dengan perintah suara. Ini membantu mengurangi gangguan visual, serta memungkinkan fokus lebih besar di lapangan.

Irjen Agung Setya mengatakan, sistem digunakan di mobil patroli lebih canggih dan terintegrasi dengan aplikasi kepolisian. Di antaranya Call Centre 110 dan SOT Presisi, terhubung dengan Command Centre Polrestabes dan Polda. Ini memudahkan koordinasi dalam merespon laporan masyarakat

Baca Juga  125 CJH Binjai Ikuti Manasik Haji, Ini Pesan Walikotanya

Fitur lainnya yang dilengkapi di Mobil Patroli tersebut, adanya sistem Navigasi Pintar. Dengan sistem ini, membantu petugas menemukan rute tercepat dan teraman saat merespons panggilan darurat atau kejadian penting.

Selain itu, jelasnya, navigasi ini sudah tersinkronisasi dengan rute patroli daerah rawan kejahatan, sehingga memudahkan petugas dalam memilih rute patroli.

“Peluncuran Mobil Patroli Perintis diharapkan akan meningkatkan kemampuan penegakan hukum, memberikan perlindungan lebih baik bagi petugas polisi, dan memberikan kontribusi positif untuk keamanan masyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya.(*)
Reporter: R Hamdani
Editor: Eddy S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us