Peringatan Hardiknas & Orta di Langkat, Ini Harapan Afandin

Upacara peringatan Hardiknas & Hari Orta di Langkat. (Istimewa)

AXIALNEWS.id | Plt Bupati Langkat Syah Afandin pimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-27 tingkat Kabupaten Langkat Tahun 2023, di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Selasa (2/5/2023).

Bertindak perwira upacara Kabag Tapem H Surianto, dan sebagai komandan upacara Kabag Adm Pembangunan David Helgod Pardede.

Plt Bupati Langkat menyampaikan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim. Bahwa selama 3 tahun terakhir perubahan besar terjadi di sekitar kita di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Baca Juga  Banjir Madina, Edy : Ada Tambang Ilegal & Pembalakan Hutan

Menurut Afandin, peserta didik sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data asesment nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba-lomba berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform mereka belajar. Selain itu guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Baca Juga  Amir Hamzah Paparkan Ekspos PPD 2023, Angka Pengangguran Menurun

“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar. Mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” sebutnya.

Pada saat ini selain memperingati Hardiknas, lanjut Afandin, juga memperingati hari Otda ke-27.

Hari Otda ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996, tanggal 25 April ditetapkan sebagai Hari Otonomi Daerah, dalam rangka memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan Otonomi Daerah.

Setiap tahunnya perayaan ini memiliki tema yang berbeda-beda. Untuk tahun ini tema besar yang diusung yakni “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Baca Juga  Ingin Kembali Raih WTP, Bobby Minta Perangkat Daerah Terbuka Diperiksa BPK

Tujuan otonomi daerah pada hakekatnya, ungkap Afandin, pemberian sebagian besar kewenangan konkuren yang yang diberikan kepada daerah, dengan dilaksanakannya otonomi daerah sistem pemerintahan yang awalnya pada masa orde baru bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Namun bukan merupakan desentralisasi penuh melainkan desentralisasi sebagian.

“Kita semua berharap agar apa yang menjadi tujuan otonomi daerah sebagaimana filosofi pembentukan dapat terwujud di semua daerah,” harapnya.

Upacara ini dihadiri para pejabat Pemkab Langkat, Camat, Kasek, Guru dan siswa SD/SMP/SMA sederajat di Langkat. (*)
Reporter: Ajeni Sutiyo
Editor: Fakhrur Rozi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us