AXIALNEWS.id — [dibaca: eksil nius] — Bagi siapa saja tidak terkecuali kamu, apalagi penggiat UMKM (usaha mikro kecil menengah) perlu mengetahui faktor – faktor kegagalan marketing dalam mengenalkan produknya.
Pengenalan produk kepada konsumen menjadi salah satu faktor mendasar bagi kemajuan semua jenis usaha.
Sehingga menjadi penting mengetahui hal itu. Berikut faktor – faktor kegagalan marketing yang perlu kamu ketahui.
Generation GAP atau kesenjangan generasi adalah berbagai miskomunikasi dan gagal paham yang dipicu oleh perbedaan tingkat zaman regenerasi.
Kita ketahui bahwa hari ini ada empat (4) generasi dengan karakter yang berbeda beda.
Setiap generasi memiliki karakter yang berbeda ketika membeli sesuatu. Gen Z dan Gen Millenial, lebih suka mencari tau via online dahulu, lalu kemudian meminta referensi dari teman atau review pada aplikasi smartphone.
Sedangkan Baby Boomer dan Gen X akan lebih suka datang ke pusat pasar setelah tau informasi, baik dari anaknya, surat kabar atau pun televisi.
Karen itu, kira kira produk anda untuk generasi yang mana ?, jangan sampai salah promosi ya.
Contoh kecil yang keliru jualan produk asam urat di platform tik tok. Hehehe
Marketing fokus pada pembangunan merek jangka panjang. Sementara sales fokus pada penjualan dan berjangka pendek.
Banyak UMKM yang belum sadar tentang bedanya aktivitas saat melakukan marketing atau sales, malah banyak hanya fokus pada sales.