Suku Jawa Etnis Terbesar Ketiga di Suriname AS

Hingga kini ritual adat Jawa di Suriname masih dijaga oleh penduduk imigrasi Jawa. Sumber hipwee.com

AXIALNEWS.id – Internasional | Suku Jawa sudah berada di Suriname sejak akhir abad ke-19. Pertamakalinya dibawa kolonis Belanda dari  Indonesia atau dulunya disebut Hindia-Belanda.  Disana orang Jawa dijadikan sumber tenaga kerja alternatif.

Suku Jawa kini menjadi salah satu etnis ketiga terbesar di negara Suriname.

Suriname merupakan negara dengan penduduknya memiliki beragam secara etnis. Salah satu etnis yang besar di sana adalah etnis Jawa.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui ada komunitas besar keturunan Indonesia yang tinggal di Suriname, yaitu negara bekas koloni Belanda yang terletak di Amerika Selatan itu.  

Baca Juga  Rintis Dari Nol, Pemuda India Jadi Milyader Termuda di Dunia

Meskipun mereka telah ada di sana selama beberapa generasi, banyak dari mereka masih mengakui diri sebagai orang Jawa. Bahkan meskipun sangat sedikit yang pernah mengunjungi pulau Jawa atau mempertahankan hubungan keluarga di sana.

Baca Juga  Megamendung, Lukisan Raden Saleh Terjual Rp 36 Miliar

Tetapi mereka berbicara dalam versi kreolisasi dari bahasa Jawa, nama-nama Jawa muncul di semua lapisan masyarakat dan unsur-unsur budaya Jawa (seperti masakan) telah mempengaruhi budaya bangsa kawasan Karibia ini.

Baca Juga  SMSI Apresiasi Prangko Gambar Wajah Dubes RI Untuk Ukraina

Berdasarkan data Worldometers, total penduduk Suriname per 16 September 2020 mencapai 587.727 jiwa. Lebih dari 70.000 penduduk di sana merupakan orang Jawa.

Halaman: 1 2 3
Berita Lainnya

Contact Us