AXIALNEWS.id — [dibaca: eksil nius) — Bagi sahabat UMKM (usaha mikro kecil menengah) yang hari ini bisnisnya tetap buka atau tutup sementara, kali ini saya punya wawasan menarik yang dapat merubah bisnis anda lebih sukses, setelah wabah selesai.
Apa berikutnya setelah wabah (pendemi COVID-19) ini selesai ?
Tentang membangun brand (merek/produk). Ditulisan sebelumnya saya sudah mengutarakan agar brand awareness jangan sampai mati walau bisnis tutup sementara.
Sederhananya brand awareness merupakan sebuah istilah yang menggambarkan sejauh mana sebuah merek dikenal oleh konsumen.
Berikut Lanjutannya
Tau enggak, ketika seorang pemasar melakukan marketing maka akan memberikan dua (2) benefit sekaligus . Pertama adanya penjualan, dan naiknya brand aset.
Namun kalau saja selling (penjualan) tekniknya tepat dan strategi marketingnya tepat.
Nah, sebelum lanjut lebih dalam. Sering saya melakukan diskusi kepada teman teman UMKM. Ternyata banyak yang belum sadar akan definisi sebuah brand ?
Apa itu sebuah brand ?
Gampang, tinggal buka google lalu ketik defenisi brand. Namun, disini justru saya ingin menyederhanakan maksud dari brand secara aplikatif agar sobat sobat UMKM bisa lebih mudah memahami.
Saya yakin anda pasti mandi sebelum membaca artikel ini, dan saya yakin pasti anda menggunakan sabun mandi.
Kita ambil contoh adalah produk dari lifebuoy, atau dove atau apalah.