Uji Petik Pelayanan Publik Ombudsman dan Bappenas di Disdukcapil Langkat

Ombudsman Sumut dan Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI kunker, Rabu (30/10/24) di Kantor Disdukcapil Langkat, Stabat. (axialnews)
Iklan Pemilu

AXIALNEWS.id | Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara dan Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI berkunjung ke Pemkab Langkat.

Disambut Sekdakab Langkat Amril berserta jajaran di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Langkat, Stabat, Rabu (30/10/2024).

Kunjungan kerja (kunker) ini bertujuan melakukan uji petik terkait efektivitas peran Ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik di Kabupaten Langkat.

Perwakilan Tim Bappenas, Eva Noer Cholis Rohmiati. Ia menjelaskan giat ini berfokus pada pengumpulan data untuk mengevaluasi kualitas layanan publik, khususnya di sektor administrasi kependudukan yang dikelola Disdukcapil Langkat.

Baca Juga  Dana Desa Rp236 Miliar TA 2023 Diterima Pemkab Langkat dari Pusat

Perwakilan Ombudsman RI Sumut, James Marihot Panggabean, menyampaikan hasil dari uji petik ini diharapkan akan menjadi masukan penting bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan kebijakan pelayanan publik yang lebih tepat sasaran.

“Data yang terkumpul akan membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang lebih efektif dan sesuai kebutuhan masyarakat,” jelas James.

Sekda Langkat, Amril mengapresiasi atas inisiatif Bappenas dan Ombudsman dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah.

“Kami berharap hasil uji petik ini dapat menjadi referensi bagi perbaikan tata kelola pelayanan publik di Langkat, agar masyarakat dapat merasakan pelayanan yang lebih efektif, transparan, dan memadai,” ujar Sekda Amril.

Baca Juga  Kemah Pelajar Pancasila Al Wasliyah Sumut Digelar di Svarga Simelir Langkat

Pemkab Langkat, lanjutnya, berkomitmen terus memperbaiki kualitas pelayanan publik melalui sinergi yang kuat dengan lembaga pengawas seperti Ombudsman RI.

“Sinergi ini sangat penting untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Kepala Disdukcapil Langkat, Faizal Rizal Matondang turut memaparkan capaian dan inovasi yang telah dilakukan untuk meningkatkan layanan administrasi kependudukan di Langkat.

Beberapa di antaranya, digitalisasi data penduduk dan penerapan sistem antrian berbasis teknologi.

Program ini diharapkan mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan kependudukan.

Kegiatan uji petik ini melibatkan serangkaian observasi, wawancara, dan evaluasi terhadap pelaksanaan pengawasan pelayanan publik oleh Ombudsman di Disdukcapil Langkat.

Baca Juga  Nayoan & SMSI Bahas Syarat Konstituen yang Diambang Batas

Tim Bappenas juga akan menganalisis tantangan yang ada serta potensi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di masa mendatang.

Selain Sekda Langkat, juga dihadiri Asisten Administrasi Umum Musti serta kepala perangkat daerah terkait.

Diharapkan kunjungan ini menjadi langkah awal memperkuat kolaborasi antara pemerintah daerah dan lembaga pengawas, dalam mencapai standar pelayanan publik yang optimal sesuai harapan masyarakat.(*)
Reporter: Ajeni
Editor: Eddy S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya

Contact Us